Iklan

Review : Helm KYT R10, Suka Duka Sejauh 600 Kilometer

IMG_20170419_185027

Masdaniblog.com – Assalamualaikum Mas Bro dan Mbak Sist… Sebagai seorang pengendara, helm menjadi perlindungan yang paling utama pada kepala kita. Kali ini, masdani akan mereview sebuah Helm lansiran Pabrikan PT. Tarakusuma Indah yang juga menaungi merk INK, BMC, MDS, HIU. Apakah itu?. Yah… ternyata udah ada di judulnya ya Gan… hehe, betul… ini adalah KYT R10 Solid – Black Metallic.

 

Helm yang harganya mencapai hampir setengah juta ini merupakan salah satu riding gear yang disediakan oleh Suzuki dalam acara Touring Taklukkan Batasan bersama Suzuki sejauh 550 kilometer jauhnya dengan membawa Suzuki GSX-S150 yang baru saja dirilis. Plus… 50 kilometer lagi dari tempat penutupan ke rumah masdani di Gresik.

IMG_20170419_185343

Helm yang masdani pilih berukuran XL, setelah mencoba ukuran L yang ternyata sangat-sangat sempit untuk kepala pria berumur seperempat abad ini. Berwarna hitam legam dengan sprinkle metalik yang berkilau saat ditimpa cahaya, Logo KYT dengan sedikit corak merah kontras sekali dengan warna hitam legam helm di bagian rahang kanan-kiri, keren!.

IMG_20170419_185010

Pas pertama kali dikeluarkan dari kotaknya, helm ini cukup ringan, 3 Kg menurut informasi yang masdani dapatkan disini, impresi pertama yang terlihat selain cat hitam legamnya adalah garis bodi helm yang tegas di kanan dan kiri helm, serta spoiler di bagian belakangnya. Tali pengikat yang digunakan bertipa Quick Release Buckle dengan ciri khas nya pas dipakai berbunyi “Klik”.

IMG_20170419_185143

Tali pengikat Quik Release

Untuk sirkulasi udara, helm ini dilengkapi dengan satu air vents di bagian mulut, dan dua buah air scoop di bagian atas. Tidak terlalu terasa ketika dibuka atau ditutup menurut masdani, dipakai berpanas-panas ria saat riding siang hari dari Madiun ke Mojokerto, sukses membuat wajah masdani berminyak banget.. solusinya, buka sedikit visor helm agar ada udara segar menerpa wajah.

Cangkangnya cukup tebal ketika diketuk, embos SNI teretak di sisi rahang kiri helm dan logo DOT di bagian belakang helm. Visor defaultnya berwarna hitam legam, hampir 80% hitamnya jika dianalogikan sebagai kaca film, sangat tidak aman jika digunakan saat malam hari Bro!, masdani saranin bawa visor bening untuk riding di malam hari demi keamanan juragan sekalian.

IMG_20170419_185317

visornya gelap banget

Di bagian dalam, busa helm terlihat sangat tebal!, mungkin ini yang membuat ukuran helm ini serasa mengeil satu ukuran, karena di kepala masdani enak dan nyaman di BMC Blade ukuran XL, sedangkan agak sempit di KYT R10 ini. Yang paling mantab nih, bahan yang digunakan didepan mulut kita semacam oscar, bukan lagi bulu sintetis yang ketika pemakainya bersin beserta “muatannya” ikut nyiprat ke bulu halus dan sudah pasti ngeflek.

banyak rongga diantara busa yang menampakkan gabus helm yang dicat hitam sebagaian, jadi bagian putih-putih gabus suka menampakkan dirinya, alias kurang rapi gan… tapi so what… kan keliatan dari luar. Cuman memang lebih rapi BMC Blade dan BMC V100 masdani. Oiya, busa pipi model clip on yang bisa dilepas, busa cangkangnya juga bisa dilepas untuk dicuci… mantab ini.

Noise Cancellation terhadap suara luar ketika digunakan ngebut atau kena angin kencang bisa masdani katakan sangat bagus kawan!, telinga tetep sunyi… klakson tetep denger kok, jadi aman. Untuk cangkang didepan mulut masdani rasa agak terlalu tinggi, jadi view kearah speedometer agak sedikit terhalang.

IMG_20170419_185334

glossy gan!

Ketika dihajar hujan gede 2 jam nonstop, tidaka ada air yang rembes ke sela-sela visor, karet di sekeliling visor mampu bekerja dengan baik. Ngembun?, jelas… tinggal dibuka sedikit embun pun hilang dan tetep nyaman dipakai berkendara lagi saat hujan.

IMG_20170419_185504

bukan alien

Namun dari banyak rider dalam rombongan masdani yang memakai helm ini, ada sebagian orang yang mengelu daun telinganya panas ketika satu jam an memakai helm, terutama di sisi sebelah kiri helm, mungkin ada hubungannya sama busa disekitar kuping yang memang tebal banget. Masdani alhamdulillah gak ngerasain gejala ini Gan…

IMG_20170419_185325

keren!

Sekian review kali ini, semoga bermanfaat.. sampai ketemu di artikel selanjutnya gan…

wassalam.

Baca juga :

Tetap terhubung di :

Email     : masdaniblog@gmail.com
Twitter   : @masdaniblog
Google+   : masdaniblog
Whatsapp  : 085645368883
Facebook  : kemal.astrid
Fanspage  : masdaniblog.com
instagram : Kemal Astrid

 

Iklan

Posted on 29 April 2017, in Suzuki, Throttling & Backpacking, Tips Motor & Berkendara and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 32 Komentar.

  1. Hadiah ko susuku mesti….pdo gone alki

  2. Loh eh… perasaan pernah lihat helm ini..haha

  3. Kayak saya ini ngrasa panas banget, padahal helm saya aja ukurannya L, ini sama pakai L…

  4. saya salah satu pengguna helm ini. memang daun telinga sebelah kanan agak sakit kalo udah dipake sekitar 1 jam perjalanan

  5. 3kg? gas? mendelep pala gw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: