Iklan

Safety Riding Course Oleh PT. MPM, Apa Itu?

 

IMG-20170423-WA0026

Team Safety Riding Trainee dari Jatimotoblog

 

masdaniblog.com – Assalamu’alaikum Bro Sist… sudah pada tahu belom apa itu Safety Riding Course?, atau malah udah ada yang nerapin di jalan raya tiap hari?, kalo iya bagus banget tuh… bagi yang belom tahu, Safety Riding Course adalah rangkaian pelajaran berkendara yang meliputi keamanan dalam berkendara.  Acara yang diadakan oleh PT. MPM selaku main dealer Honda Roda dua di Jawa Timur ini masih dalam satu rangkaian kampanye AHM #Cari_aman.

 

Menggunakan fasilitas di MPM Learning Center yang terletak di Sedati, Masdani beserta 8 peserta lainnya yang terdiri dari Kang Heri https://khsblog.net/, Cak Anang https://anangcozz.com/, Kang Rio https://motorrio.com/, Kang Ges http://potretbikers.com/, Cak Madev https://mariodevan.com/, Kang Uzi http://motomaxone.com/, Angga https://ndeso94.com/ dan Kang Irul https://atasaspal.com/,  belajar bareng tentang teknik berkendara yang aman bersama instruktur yang terlatih, malah salah satu intruktur berhasil memenangkan lomba “The 17th Safety Japan Instructor Competition” di Suzuka, Jepang, di posisi kedua oleh Mas Dimas. Saiiiikkk nih!.

IMG_20170423_100410

Mas Dimas membuka sesi Kelas

Rangkaian pembelajaran dibagi menjadi dua sesi, sesi kelas untuk teori dan sesi praktek lapangan. Untuk sesi kelasnya, dijelaskan tentang 3 prinsip dasar dalam berkendara, yakni :

1. Balancing,

2. Braking, dan

3. Manuver.

tiga hal diatas akan dipraktekkan di lapangan dengan masing-masing lintasan. Sebelum turun ke lapangan, kita harus berganti kostum yang lebih safety, dengan perlengkapan berkendara yang sesuai, menggunakan protektor siku dan lutut, sepatu, sarung tangan dan helm. Semuanya sudah disediakan oleh PT. MPM Motor kawan.. jadi jangan kuatir atau repot-repot bawa dari rumah, baik banget PT. MPM ini… 😀

IMG-20170423-WA0025

Komplit!, tinggal menuju ke motor masing-masing.

Oiya, ada sesi tanya jawab sebelum kita meninggalkan kelas kepada para instruktur yang masdani rangkum :

Q : Kenapa posisi bel/riting di motor Honda yang sekarang terbalik?

A : Agar reflek jempol menekan lebih cepat dan menyesuaikan posisi standby jempol masyarakat indonesia yang sering ada ditengah.

Q : Pengereman yang benar bagaimana?

A : Menggunakan 4 jari agar mengetahui torsi yang kita keluarkan, sedangkan jempol menutup gas. Pengereman sendiri ada dua berdasarkan tujuannya, untuk berhenti dan memperlambat, jika hanya memperlambat, bisa menggunakan dua jari. Pada motor kopling, Tarik tuas rem dulu hingga motor akan berhenti, baru tarik kopling agar motor tidak meluncur akibat momentumnya.

Q : Jika menghadapi lobang dijalan yang tidak mungkin dihindari?

A : Angkat pantat!, lindungi tulang ekor kita, jangan mengerem mendadak dan jangan menambah kecepatan, pandangan tetap lurus kedepan.

Di lapangan, sudah disediakan motor dengan berbagai pilihan ada All New CBR 150R, ada CB 150R, ada Supra GTR dan Sonic 150R, saran masdani pilih yang paling mendekati motor sehari-hari yang kita pakai, kalau masdani memilih CB150R karena seringnya memakai Pulsar 180, sama-sama naked dengan posisi duduk yang hampir tidak berbeda.

IMG-20170423-WA0023

Kita di Short Brief oleh Mas Sohib, Mas Hilmy dan tentu Saja Mas Dimas, diterangkan tentang bagaimana postur berkendara yang baik dan benar, karena baik belum tentu benar tapi benar sudah pasti baik. mulai dari kapala dan pandangan yang menuju kearah yang akan kita tuju, gak boleh tengok-tengok yang tidak penting kecuali mengecek lalu lintas, bahu harus rileks agar tidak capek, jangan mengkreng kiri atau kanan. posisi siku agak sedikit menekuk, jangan lurus tanpa sudut untuk meredam getaran, posisi jari mantap menggenggam grip handle.

Posisi kaki, yang benar adalah pada gambar di kiri, jangan membiasakan kaki menggantung karena sangat berbahaya ketika berbelok atau ada halangan dijalan, bisa patah masbro!. terus posisi paha, harus mengapit tangki atau kalau pada motor bebek sedikit dirapatkan pada body bebeknya, dan pada metic tidak boleh keluar dari tebeng dek depan, kenapa?, ternyata agar motor lebih bisa terkontrol, kita jadi satu antara pengendara dengan motor, sehingga lebih seimbang saat berkendara masbro…

IMG_20170423_104847

nih, postur berkendaranya.. *diperagakan by Mas Sohib.

masuk ke sesi latihan :

Capture

Ladang Pembantaian

Balancing

Pengemudi harus berkendara pada papan besi sepanjang 10-15 meter, dengan sangat pelan sambil menjaga keseimbangan, semakin pelan semakin bagus tanpa harus keluar dari papan yang lebarnya cuma sekitar 30cm an. Standar waktu yang diterapkan untuk menempuh papan 10m adalah 10 detik dan 15 meter adalah 15 detik.

Braking

Pengemudi harus berkendara pada kecepatan 40 kilometer per jam di gigi 4, dan disimulasikan ada halangan didepan yang mengharuskan pengemudi melakukan rem mendadak, disini refleks sangat berperan dalam mendistribusikan tenaga untuk pengereman depan dan belakang, ingat… rem tidak boleh mengunci serta motor dan badan harus tetap dijaga tegak.

Fun facts : Ternyata, jarak pengereman normal saat berkendara dengan kecepatan 40 kilometer perjam adalah sekitar 10 meter!, dan 17 meter pada kecepatan 60 kilometer perjam, edan!.

Manuver

Figure of 8

Pengendara melewati lintasan yang menyerupai angka 8, mirip ketika membuat sim dulu. Menggunakan gigi satu dengan menjaga keseimbangan, posisi badan Lean with bike alias berbelok searah dengan motor.

U Turn

Pengendara membelok pada belokan berbentuk “U” dengan lebar 3 meter, menggunakan gigi satu. Pandangan harus sigap ke tujuan berikutnya.

Slalom Offside

Berkendara zig-zag pada cone yang disediakan, menggunakan gigi satu sambil menjaga ritme mesin agar tidak mati pada tiap belokan. Pandangan tidak boleh selalu terpaku pada belokan yang SEDANG dilalui, tapi layangkan ke belokan yang AKAN dilalui (Move on cak…).

IMG_20170423_104356

Sekian semoga bermanfaat kawan, Terimakasih banyak PT. MPM Motor selaku penyelenggara dan Instruktur Safety Riding Course…

Sesi ini juga berlaku untuk umum pada hari KAMIS selama jam kerja (08:00 – 16:00), GRATIS tanpa dipungut biaya. Bisa datang langsung atau menghubungi MPM Learning Centre/masdaniblog. Perlengkapan akan disediakan oleh MPM. Jadi bisa kolektif ajak temen kantor, temen turing ataupun komunitas kamu Bro Sist!.

Baca juga :

Tetap terhubung di :

Email     : masdaniblog@gmail.com
Twitter   : @masdaniblog
Google+   : masdaniblog
Whatsapp  : 085645368883
Facebook  : kemal.astrid
Fanspage  : masdaniblog.com
instagram : Kemal Astrid

Iklan

Posted on 27 April 2017, in Events, Tips Motor & Berkendara and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: