Iklan

Part 1 : [Review] Sports HD DV – Action Cam Murah Kelas Coba-Coba

Thumbnail 1

Masdaniblog.com – Halo Kawan, apa kabarnya?. Kali ini MDblog punya kesempatan untuk membeli sebuah Action cam yang murmer alias murah meriah dari Online Retailer China Aliexpress.com seharga $24 atau sekitar Rp 330.000 an dengan kurs Rp 13.900. Dibandingkan dengan harga Go Pro yang diatas dua jutaan, atau Xiaomi YI dan SJ Cam yang sekitar 1 jutaan membuat harga Action Cam tak ber merk ini terlihat begitu murah.

Berawal dari ketertarikan MDblog dengan alat perekam gambar yang tahan banting untuk mengabadikan momen di kondisi ekstrem, membuat MDblog sempat juga membeli Samsung Badak B2710 dan B2100 dari ebay beberapa tahun yang lalu. Nah, Action cam yang satu ini terinspirasi dari milik Kang Majid empunya blog Cicak Kreatip pada artikelnya disini. Cukup latar belakangnya, sekarang ayo kita ulas tentang kamera aksi ini, mulai dari pemesanan, shipping, urusan bea-cukai dan review produknya.

action-cam-kogan-12-megapixcels-cicak-kreatip-blog

Pemesanan

Pada 1 Desember MDblog memesan via Aliexpress disini http://www.aliexpress.com/item/Golden-SJ4000-12MP-1080P-Sports-Cam-DV-Action-Waterproof-Camera-2XBatteries-HOT/32525398315.html

karena membayar dengan CC (credits to my uncle :D), maka pembayaran harus diverifikasi terlebih dahulu, dan pada tanggal 7 pembayaran sudah masuk ke Aliexpress, namun resi dari seller baru bisa trackable pada tanggal 24 Desember 2015. Resi bisa di cek via 17track.com atau ems.pos.indonesia.com.

Shipping

Karena menggunakan gratis pengiriman via EMS, maka paket MDblog membutuhkan waktu kira-kira 2 bulan sebelum sampai didepan pintu, tapi karena gratis yo sikat wae gan… 😀. dibandingkan dengan menggunakan jasa International Shipping yang costnya bisa seharga barang kiriman masdani sendiri.. wkwkwk. Sebenernya ada solusi yang lebih murah dan cepat, yakni dengan menggunakan jasa Bistip, seperti pengalaman MDblog saat membeli Nokia Lumia 520 dari US. Apakah Bistip itu? mungkin akan MDblog bahas dilain waktu dilain artikel ya Kawan.

Penerimaan dan Cukai

[warning, bagian ini agak panjang, siapkan kopi atau es teh dengan semangkuk indomie kuah untuk teman membaca..!!!]

Pada hari Sabtu tanggal 6 Pebruari, ada pak pos datang kerumah mengantarkan selembar slip yang berisi pemberitahuan bahwa Paketan masdani sudah datang, DAN KENA PAJAK SEBESAR RP 270.000 atau $23 an, WHATT….!!!!, padahal pada peraturan Menkeu nomor 160/PMK, barang yang harganya dibawah FOB (Free On Board), alias dibawah $50 untuk CIF nya (Cost, Insurence, Freight) atau total dari harga barang, asuransi pengiriman (kalau ada) dan biaya pengiriman itu bebas dari biaya Pajak. Mdblog pun sempat menggali informasi ke kantor Bea Cukai di Gresik dan ditanggapi dengan baik Oleh Petugasnya, dan membenarkan bahwa mustinya barang MDblog tidak kena pajak, namun yang meng-appraisal bukan kewenangan Bea Cukai Gresik, melainkan Bea Cukai Juanda sehingga masdani berencana untuk kesana pada hari Selasa saja.

Hari Senin sepulang jemput adik MDblog yang kelas 3 SD, eh Ibu Mdblog ngasih tau kalo paketnya sudah dirumah dan PAJAKNYA SUDAH DIBAYAR oleh Ibu MDblog, “JEEDDEEERRR……!!!!!”, kaget bukan Main ketika tahu hal tersebut,, langsung kecewa deh MDblog. Apalagi pajak yang dibayar semestinya bukan kewajiban MDblog.

Karena penasaran kenapa pajaknya membengkak, MDblog melihat invoice yang tertera di paketnya, “JEEEDDDEEEEERRRR…………!!!!!” jilid dua kawan!, si pengirim menuliskan HANYA $3 sebagai nilai dari paket MDblog yang tentu saja mengundang kecurigaan dari pegawai Bea Cukai dan berujung memberikan harga sendiri berdasarkan Database beacukai, baru dikenakan pajak. Padahal saat memesan, MDblog sudah mewanti-wanti sellernya untuk tidak men-declare barang sebagai Gift atau hadiah dan sejenisnya serta menunjukkan nilai asli dari barangnya. Langsung MDblog kebayang gimana mumetnya ngurus “kesalah pahaman” ini, riwa-riwi Gresik-Sidoarjo bukan hal yang mudah juga mengingat MDblog mengejar jadwal Sidang Skripsi.

Tapi akhirnya Ibu MDblog berkata bahwa uang pajaknya ndak usah diganti, yasudahlah,, biar konsentrasi MDblog gak terbagi-bagi lagi karena banyak yang diurus. Terimakasih Ibu… :).

Klik untuk Melihat review Kamera dan Hasil Videonya >>

 

 

Artikel terbaru lainnya :

Tetap terhubung di :

  • Email : masdaniblog@gmail.com
  • Twitter : @masdaniblog
  • Google+ : masdaniblog
  • Whatsapp : 085645368883
  • BBM : 5518F675
  • Facebook : kemal.astrid
Iklan

Posted on 13 Februari 2016, in Teknologi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Bener murah, tp ruwet bin mumet.

    Kl muter2 gt mending kan cari toko disini ga kurang.

  2. wih akhirnya mantep juga nig hahaha 😀 ditunggu reviewnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: