Iklan

[Review] 3 Tahun Pemakaian Suzuki Ertiga GX MT 2012, Ini Plus Minusnya

WP_20150905_063

Jeng Erti dan Teman Se-lahiran

Masdaniblog.com – Tak terasa Suzuki Ertiga alias Jeng Erti dirumah sudah 3 tahun menemani keluarga MDblog dalam beraktivitas. Meskipun terbilang sangat jarang dipakai. Gimana ndak, wong 3 tahun KM-nya masih 28.000 an saja Kawan!, wekekekek… Mobil keluar hanya ketika MDblog jadi Frank Martin di Transporter alias musti mengantar Mbah atau Buyut, hujan deras dan kopdar bareng Kawan-kawan di Ertiga Mania saja (seringnya bawa motor pula), selain itu ya duduk manis digarasi :).

WP_20151120_023

Garansi 3 Tahun

3 Tahun bukan waktu yang cepat, namun juga bukan waktu yang terlalu lama, 3 tahun pula atau 100.000 Km garansi yang diberikan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk Suzuki Ertiga ini. MDblog akan mereview apa-apa saja yang dirasakan selepas masa garansi ini pada berbagai kreiteria :

  1. Eksterior
  2. Interior
  3. Mesin
  4. Fast Moving Parts
  5. Suspensi
  6. Konsumsi bahan bakar
  1. Eksterior

Haram untuk MDblog memarkir Jeng Erti ini dibawah terik panas matahari berlama-lama, karena MDblog punya pengalaman buruk di Kijang ’96 MDblog yang cat atapnya nggelodhoki akibat sering kejemur panas, maklum di rumah lama garasinya agak repot keluar masuk, jadi seringnya parkir didepan rumah (padahal dibawah pohon jambu). Kaca film yang MDblog pasang juga sepertinya masih berfungsi dengan baik, KF Besutan Perfection seri Nickel dan Zircon ini lumayan nilai TSER (Total Solar Energy Rejected) nya, efeknya kabin cepet dingin dengan AC di level 1. Jadi sisi eksterior Jeng Erti ini alhamdulillah masih cukup baik, mulai dari atap, kap dan sisi pintunya. Headlamp dan piranti mika lain pun tidak ada yang menguning maupun retak halus yang muncul, jadi masih beningggg… :D.

WP_20151120_008

Headlamp depan, masih bening

WP_20151120_007

Mika belakang juga masih bening Bro

Untuk lampu depan karena kurang terang (bawaannya sucks banget), MDblog ganti dengan NBR+ Unlimited dari Osram, akhirnya jadi Padang Njinglang.

Minusnya neh, kayaknya Clear Coat Ertiga ini tipis banget… pernah pengalaman membawa galon kosong, gak sengaja bagian dasar galon nyerempet cat bodi dan langsung membekas tipis putih, hadalah :(.

WP_20151120_004

Baret

2. Interior

Mobil datang, langsung MDblog pasang Semi Bekleed pada joknya, selain itu sisanya masih standard. Di 3 tahun ini Jok Bekleed masih yahud, tidak ada retak-retak pada kulit besutan MB Tech Camaro tipe Big Dot yang terpasang, Babut plafon mobil juga masih bersih karena selalu memakai AC waktu dijalan, jadi jarang terkontaminasi asap hitam pekat. Filter AC juga sering MDblog bersihkan agar semburan AC lancar selalu. Caranya?, disini.

Karet balon pintu juga masih lebut dan jauh dari retak-retak, ketika digunakan berkendara pada jalan yang tak rata, hampir tidak ada Noise ataupun Rattle yang muncul, sama seperti baru, Mint!.

WP_20151120_012

Cepet Kotor

WP_20151120_014

Plafon masih bersih

WP_20151120_005

Jok MB Tech, sipppp

WP_20151120_010

Karet Balon Pintu masih elastis

WP_20151120_011

Karet Balon Pintu

Minusnya neh,, Setir cepet banget kotor, apalagi kalo telapak tangan gampang berminyak, jadinya debu cepet nempel ditangan dan berpindah ke stir, selain itu juga Door Trim yang berbahan dasar sematerial dengan jok, cepet banget kotor Kawan!.

WP_20151120_015

Door Trim sisi pengemudi

3. Mesin

Mesin dengan kode K14B yang juga terpasang di All New Swift (kabarnya All New Vitara juga) ini masih oke lah, tidak ada suara berisik ketika idle dan dibawa nggelinding, MDblog suka jeritan K14B ini ketika dibejek diatas 4.000 RPM, maut suaranya!. Untuk asesoris di sektor mesin hanya memasang Ferit di kabel busi saja, lebih berasa di bagian bawah yang padat idle nya, dan agak berkurang lag pas mau Kick Down. Artikel pasangnya ada disini.

Untuk BBM, MDblog memakai Pertalite terus. Dulu ketika Pertalite belum muncul, main oplos aja biar ketemu RON 90 :p.

WP_20151120_009

K14B milik Ertiga

4. Fast Moving Parts

Wah, kalo yang ini MDblog belom ganti apa-apa selain Busi NGK 1 set dan Aki. Gegara adek MDblog lupa mematikan lampu kabin selama 2 hari, dan 2 kali. Lupa yang pertama mobil masih bisa dinyalakan, lupa yang kedua aki langsung soak… di charge pun pas di stater voltase down sampe 4V!, akhirnya ganti dengan aki yang lebih gede, 60A milik GS Hybird. Penggantian MDbog lakukan di Shop n Drive memakai layanan pesan antar, kalo ndak salah ingat sekitar Rp 700.000 an Brosis, sedangkan aki ori NS50 seharga Rp 500.000an :).

5. Suspensi

Ini yang MDblog suka dari Ertiga, empuk…. dan selama 3 tahun ini juga tetep empuuukk.. :D. Secara jika MDblog nyetir sangat menghindari hantam lubang, dan di poldur juga pelan-pelan aja lewatnya, namun beberapa kali MDblog mau enggak mau harus membawa Jeng Erti ini ke Tambak di Mengare, Desa kelahiran Mbah MDblog untuk bersilaturrahmi, Jalanannya 100% offroad Brosis!, wkwkwk… Konon, untuk Ertiga generasi awal seperti milik MDblog, sering penyakit Torsion Beam nya, pas lewat jalan bergelombang dan miring, akan bunyi seperti besi beradu “Cetinggg….”, tapi MDblog tidak mengalami hal tersebut.

WP_20151120_006

Suspensi belakang

Sedangkan pada sepatu karet milik Ertiga besutan GT Radial yang berseri Champiro Eco ini cepet banget gropil komponnya. Namun belom terlalu berasa efek signifikan seperti kehilangan Grip pas hujan ataupun benjol di permukaannya. Cuman, suara gemuruh yang ditimbulkan ban ini bagaikan konser Dream Theatre Brosis… RAME BANGET..!!!.

WP_20151120_002

protol Bro!

WP_20151120_003

Produksi 2012, minggu ke 45

selama 3 tahun ini MDblog merasa belum perlu untuk melakukan Balancing atau Spooring buat Jeng Erti, karena tidak ada tanda-tanda setir bergetar pada kecepatan >60 Kpj ataupun “nggiring” ke sisi tertentu.

5. Konsumsi Bahan Bakar

Nah, untuk yang satu ini Ertiga sudah dilengkapi dengan MID FC (Multi Information Display Fuel Consumption), rerata sih yang muncul pas MDblog pakai sekitar 14 KPL, dan berkurang 1 KPL ketika yang membawa Bapak MDblog, karena beda Driving Style nya. Realnya belom pernah MDblog hitung.

WP_20151120_001

MID

3 Tahun semenjak dilaunching, Suzuki Ertiga sudah memlalui berbagai macam Upgrade. Dari sekedar Upgrade Grill, Double Blower Ac, hingga Facelift di 2016 dan kabarnya Erti mesin Diesel juga akan keluar. dengan harga bekas sekitaran 130-140 Jutaan untuk tipe tertinggi GX 2012/2013 (sumber dari Carmudi.com), MDblog rasa MPV keluarga ini sudah memiliki overall performa yang cukup memuaskan :).

Untuk pengeluaran servis selama 3 Tahun, tiap Servis masih gratis jasanya, hanya bayar Oli mesin dan Filter oli sebesar Rp 280.000 an saja tiap 5.000 KM.

Last, semoga review pemakaian Ertiga 2012 GX MT milik MDblog ini bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi Kawan-kawan yang akan membeli mobil keluarga, seperti Om Smartf41z di artikelnya ini :p, Sekian.

Baca Juga :

Tetap terhubung di :

  • Email : masdaniblog@gmail.com
  • Twitter : @masdaniblog
  • Google+ : masdaniblog
  • Whatsapp : 085645368883
  • BBM : 5518F675
  • Facebook : kemal.astrid
Iklan

Posted on 20 November 2015, in Info Roda Empat, Suzuki and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Ngecess….
    Aku kapan punya ertiga? 😦

  2. sumantabbb kerr..
    Luwanjut nulis2e (y)

  3. Sy pake ertiga 2014,km 40rban.
    Sampe saat ini puas buat harian.
    spare part murah… oli suzuki yg 10/30 api sn cuma 330 rb bisa sampai 10 rb km.

  4. Klo boleh tau upgrade aki ny itu pakek type apa y gan ?
    D tulisanya 60A apa cukup itu besar aki nya d taruh di ertiga
    Maap nubi gan

    • NS60 kalo g salah,,, besok tak lihatin Gan. Baru dtg dirumah ki, garasi dah gelap.

      Untuk dimensi, malah aki yg lama kekecilan dibanding wadahnya. Downgrade soale. Di India pke 60. Agan lht alas akinya, sisa banyak space klo aki ori

      • iy bener gan trnyata cukup pakai NS60L 45ah gan,
        erti’2013 ane akhirnya ganti aki NS60L MF YUASA harga 650k
        tgl harus set ulang setelah ganti aki

        thanks dah share

      • Nah, tgl rajin rajin cek air akinya aja… kalo beli di Shop n Drive, enak malah… tiap bulan gratis : tambh air aki, vacumm interior, cleaning air filter n ac filter, semir ban n ruang mesin sama Nitrogen. Kita tgl nunggu d ruang AC. Hhe.

      • Btw moga moga awet Gan… mkasih kembali…

  5. salam kenal om md..cakep ulasan nya om.
    kebetulan saya juga pengguna ertiga, kendaraan dinas dari kantor ertiga gx mt 2015

    penyakit yg cukup mengganggu yakni head lamp kurang maksimal ya..sebelumnya saya pengguna avanza veloz mt 2013, dibanding ertiga lampu avanza jauh lebih terang.

    owh iya sedikit saran om, fotonya dikasi watermark aja karna takut disalahgunakan pihak2 yg tidak bertanggung jawab.

    thanx om

    • Salam kenal juga Om Dwija.. makasih udah mampir. Iya jauh bgt untuk terangnya, awal tahun baru kemarin ke Jakarta Saya bawa Veloz 2016 terang bgt. Coba ganti bohlam ke Osram Night Breaker Series, sama pasang relay.

      Makasih juga sarannya Om,, bisa bwt next postingan

  6. Awet ya mas Ertiga nya tapi yang penting rajin di rawat

    ertiga semarang

  7. Katanya Ertiga kalau bawa ngebut diatasi 80km ada bau masuk ke dalam ruang penumpang. Bagaimana solusinya pak

  8. Maaf mas, mau nanya atau pengguna erti lain.. Kalau pas kondisi tertentu saat nginjak kerikil atau pembatas jalan yg nyala itu muncul bunyi grek grek grek dibawah dasboard. Kira kira apa ya yg trouble?? Erti gl 2014. Pemakaian 2015. Tp saat baru jalan tidak ada, kambuh kambuhan gitu. Trimakasih sebelumnya

  1. Ping-balik: Blogger Gathering Bareng Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Spesifikasi GSX R 150 – GSX S 150 | Mas Dani Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: