Iklan

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Akan Meninggalkan Kendaraan Dalam Waktu Yang Lama

Persiapan-Mudik-1

masdaniblog – Hi Kawan, tak terasa lebaran sudah didepan mata, dan sebagai warga Indonesia yang baik, maka kita harus mudik dengan berbagai macam moda transportasi (apa hubungannya coba?), nah, jika Kawan termasuk dalam pengguna transportasi umum dan meninggalkan kendaraan pribadi dalam waktu lama, MDblog akan memberikan tips agar kendaraan kamu tetap Jreng saat akan digunakan kembali.

Berikut adalah tips sepele namun dapat berakibat fatal pada kendaraan kamu jika diabaikan.

  • 1. Isi penuh tanki BBM mobil/motor.

tanki

Dengan memenuhi seluruh volume didalam tanki dengan BBM, maka potensi terjadinya penguapan yang menyebabkan karat dan keropos pada tangki dapat dihindari. lebih baik rugi sementara beberapa ratus ribu daripada kudu membeli tanki baru, toh nanti BBMnya bisa digunakan lagi. Atau, sekalian kuras sampe kosong melompong Kawan!.

  • 2. Pastikan kelistrikan aman dan cabut kutub negatif aki.

aki

Tak perlu harus mencopot aki dari mobil atau motor kamu kok, hanya cukup melepas kutub negatif agar selama ditinggal aki tidak self discharge terlalu banyak, terutama aki basah yang lebih “ganas” self discharge-nya ketimbang aki kering. Kamu ndak mau kan pulang mudik motor/mobil ndak bisa distater :D.

Alternatif lain, selalu panasi kendaraan tiap 3/4 hari rutin jika ada yang bisa memanasi.

  • 3. Posisikan motor pada standar tengah dan mobil pada tempat yang datar

jagang tengah

meninggalkan kendaraan dalam waktu lama dan berulang-ulang, menyebabkan suspensi terus bekerja menahan beban kendaraan jika distandar samping, lebih buruknya, jika motor kamu punya dua suspensi, maka salah satu suspensi akan bekerja labih keras terus-terusan menahan beban motor. Untuk mobil, sebisa mungkin parkir dalam kondisi tanah yang rata agar distribusi beban pada suspensi juga merata.

  • 4. Tutupi dengan cover atau letakkan ditempat yang berdebu.IMG_0151

Sinar matahari dan debu dapat membuat cat kendaaraan kita cepat kusa jika terpapar terlalu lama, dan juga, karet ban cepat jadi keras.

Kemudian untuk “ritual” penggunaan awal setelah lama ditinggal, dapat menggunakan langkah-langkah berikut :

  • 1. Penyalaan awal.

Saat menyalakan awal, pada motor yang ada stater kaki atau kick stater, gunakan stater kaki DALAM POSISI KONTAK OFF beberapa kali, agar oli bersirkulasi didalam mesin setelah turun akibat gravitasi. jika tak ada stater kaki, dapat diakali dengan memasukkan persneling ke gigi rendah dan kemudian memaju-mundurkan kendaraan dengan manual (didorong) agar girbox terlumasi oli.

Alternatif lain, hubungkan aki yang kutub negatifnya tadi dilepas, lalu dalam posisi engine cut di posisi off stater motor kamu 2/3 kali. berikan jeda 5 detikan tiap stater.

  • 2. Gunakan choke.

jika ruang bakar bersih, maka kendaraan kamu akan dapat idle sempurna dengan cepat, tapi jika kondisi mesin dingin, bantuan choke akan sangat membantu. Bingung dimana choke?, tenang, kendaraan sekarang sudah pada auto choke kok Kawan.

  • 3. Biarkan idle beberapa saat sampai suaranya stabil baru gunakan.

Jika RPM masih naik turun, lebih baik berikan waktu beberapa saat lagi bagi kendaraan kamu untuk mendapatkan langsam yang sempurna, agar sirkulasi oli lancar dan mesin tidak cepat aus. Hindari menggeber gas ya Kawan.

  • 4. Periksa tekanan angin Ban Kendaraan

Ditinggal dalam waktu yang lama, ban dapat kekurangan tekanan anginnya. Ban  gembos itu bikin boros, tarikan berat dan kontrol kendaraan jadi lebih susah.

Semoga bermanfaat ya Kawan, share jika berkenan.

Baca juga :

Tetap terhubung di :

  • Email : masdaniblog@gmail.com
  • Twitter : @masdaniblog
  • Google+ : masdaniblog
  • Whatsapp : 085645368883
  • BBM : 5518F675
  • Facebook : kemal.astrid
Iklan

Posted on 14 Juli 2015, in Do It Your Self (DIY), Info Roda Dua, Info Roda Empat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Berguna banget tipsnya.
    Numpang sharing game android di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.game.puzzle

  2. Tipsnya mantab banget , terlebih jika musim liburan seperti sekarang, pasti banyak yg tinggalin kendaraannya untuk berlibur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: