Iklan

BMKG Juanda : Ini Penyebab Gresik dan Sekitarnya Dilanda Angin Kencang (Hingga Satu Minggu Kedepan Masbro Mbaksis!)

ilustrasi angin

Ilustrasi angin kencang (sumber : google.co.id)

masdaniblog.comWuuuuuussshhhh…… Ya Kawan, sejak kemarin angin di Kota tempat kelahiran MDblog ini berhembus suuuuaaaanngat kencang!, atau bahasa Gresiknya “Banter Seru”, apa ya penyebabnya?. Ternyata, tepat di utara Negara kita tercinta ini sedang ada 3 BUAH angin ribut yang sedang menuju ke utara, iya kawan jumlahnya gak tanggung-tanggung sebanyak 3 BUAH!. Adalah STS (Severe Tropical Storm) LINFA, Typhoon (Topan) Chan-Hom dan Typhoon Nangka.

Ketiga angin ribut tadilah biang kerok anomali cuaca di Kota Gresik dan sekitarnya ini, dari intensitas angin yang bertambah kencang hingg dua kali lipat (35 Km/jam atau 20 Knot, normal 10-15 Knot) serta beberapa gerimis-gerimis mesrah yang sering muncul.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bandara Juanda, Bambang Setiajid mengatakan, “Hembusan angin di musim ini sebetulnya sudah cukup kencang. Tropical Cyclone Nangka sebetulnya cukup jauh tapi mentrigger siklon timur, sehingga terasa buat kita,” ucapnya ketika diwawancarai oleh E100. Beliau juga mengatakan bahwa peningkatan hembusan angin ini intensitasnya tinggi pada daerah yang semakin dekat dengan sumber badai, oleh karena itu untuk Jawa Timur bagian Utara akan lebih kencang intensitas anginnya daripada Jawa Timur bagian selatan Kawan.

topan topan2

Nah, terjawab sudah kenapa kok cuaca di Kota Gresik belakangan ini menjadi aneh, bahkan berpotensi terjadi hingga satu minggu kedepan lho kawan.. duh, buah mangga MDblog jadi pada rontok sebelum waktunya neh -_-“.

MDblog menghimbau agar Kawan-kawan lebih berhati-hati saat berkendara, terutama pengendara motor.

  • Gunakan jaket tebal agar badan tetap hangat dan tidak mudah masuk angin,
  • Gunakan masker dan kacamata, debu banyak berterbangan!,
  • Waspada jika berada didaerah terbuka, terpaan angin yang langsung mengenai pengendara dapat merubah jalur berkendara kamu Kawan!.
  • Untuk yang berpergian dengan kendaraan laut, siapkan obat antimabok dan minyak kayu putih,, apalagi kondisi perut kosong karena puasa rentan mabuk laut karena goyangan kapal.
  • Jangan memarkir kendaraan dibawah pohon yang sudah tua atau memiliki buah yang gampang jatuh jika tersapu angin.
  • Berdoa meminta keselamatan kepada Tuhan YME.

Dan bagi yang mau mudik, waspadai bahaya kebakaran serta benda-benda yang berpotensi kebakaran dan pangkas ranting-ranting pohon yang dirasa cukup berbahaya. Sekian dan semoga bermanfaat Kawan.

Baca juga :

Tetap terhubung di :

  • Email : masdaniblog@gmail.com
  • Twitter : @masdaniblog
  • Google+ : masdaniblog
  • Whatsapp : 085645368883
  • BBM : 5518F675
  • Facebook : kemal.astrid
Iklan

Posted on 13 Juli 2015, in Serba-Serbi, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. woo..ini toh sebabnya?? angin kencang bikin keringetan 😦

  2. iyo.i…
    sampek lawang omah.ku buka-tutup dewe…
    tiwas tak kiro tamu kate ngekek.i THR

  3. isis broo jemuran pada terbang

  4. Ini toh penyebabx….TerasQ jadi kyk Padang Pasir.cape nyapu” trz.

  5. Gitu kok kata istriku nih efek dr gunung yg meletus di banyuwangi

  6. Surabaya juga kecang beut angin ee broww

  7. Waru jg ikut merasakan…..

  8. Semoga 3badai cepat berlalu.YA Allah beri keselamatan bg kits semua .Amin

  9. Pantesan angine medeni.omah sering kotor debu masuk sak kambrek…

  10. Piye ki di makassar jg anginx kencang sangat

  11. Sampe surabaya jg mas. Trz kemaren saya waktu di sumenep madura jg anginnya kencang banget. Lebih kencang lagi waktu nyebrang jembatan suramadu. Saya pikir sich itu angin dari Australia. Eh ternyata bukan ya mas?.maaf mas dani .saya mau numpang promo. Untuk yg mau gabung di bisnis Paytren bersama Ustadz Yusuf Mansur klik di treniuym.com/id85

  12. angin chan-hom udah mulai menghilang, sementara angin nangka sampe 162 km/jam 😀 (sebelumnya malah 190-an km/jam kalo ga salah) dan menuju arah jepang. terus ada angin topan baruu namanya halola, tempat lahirnya sama kayak angin nangka ini hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: