Iklan

Ssst… Diam-Diam Yamaha R15 Kena Recall, Padahal Baru Aja Di Distribusikan…

Kawan,,, jagad permotoran sempet rame dengan adanya isu bahwa Yamaha mengadakan silent recall karena standar samping yang disematkan pada produksi awal terlalu miring.. lho?, kok… ono-ono wae.

jagang sumpel kayu

sumpel kayu biar tegak…

Padahal.. menurut MDblog dengan standar yang memiliki sudut kemiringan besar akan membantu penggunanya untuk menaiki motor ketika dalam posisi terparkir,, karena otomatis motor akan menjadi lebih rendah. Namun.. sisi jeleknya adalah ketika diparkir akan memakan space lebih banyak dan semakin besar gaya yang diterima standar samping dalam menopang bobot motor itu sendiri,, apalagi kalo sampai didudukin dalam posisi terstandar samping, sehingga standar samping akan cepat “lelah” materialnya dan mudah patah. Apakah itu yang ditakutkan Yamaha?, berarti kualitas standar sampingnya jelek dong..??.

Menilik fungsi standar samping itu sendiri, yakni sebagai penyangga ketika motor terparkir dan dibantu oleh kedua roda depan-belakangnya dalam menyangga beban motor itu sendiri (beda dengan standar tengah yang mampu menahan beban motor dengan bantuan ban depan/belakang saja), ingat kata kuncinya adalah saat terparkir. Yang logikanya ketika terparkir pemiliknya meninggalkan motor tersebut dan bukan mendudukinya. sehingga beban yang ditanggung oleh standar samping tersebut masih dalam batas aman yang didesain oleh engineer Yamaha.

perbandingan-kemiringan-standart-samping-yamaha-r15-lama-vs-baru

Baru VS Lama

Nah, pada standar samping yang baru (kalo di kota MDblog Standar samping disebut Jagang :D), sudut kemiringan lebih kecil membuat motor lebih tegak, pengguna akan merasakan lebih sulit ketika menduduki motor dalam posisi terparkir ketika akan digunakan, karena otomatis seat high jadi lebih tinggi. kekurangan yang lain adalah kemungkinan “nggeblak” alias jatoh pada sisi kanan juga semakin besar karena standar yang tegak ini. Bisa akibat momentum ketika pengendara akan duduk keatas jok dalam posisi terparkir tetapi tingginya tidak cukup semampai atau faktor keteol orang pas lagi diparkir, naudzubillah..

Last, itu hanya opini MDblog semata masbro.. mau pilih standar samping dengan sudut besar atau kecil itu bebas.. disesuaikan dengan kondisi dan situasi masing-masing rider.. mau tegak tapi agak susah pas mau naik atau mau miring, mudah pas mau duduk namun ngehabisin space parkir? (paling endak enak lah pas parkir bisa kasih jarak ke motor lain,, jadi g terlalu mepet n bikin baret).

Bagi kawan-kawan penyemplak Yamaha R15 bisa menghubungi dealer R Shop terdekat dikota anda untuk minta penggantian, ada merchandise juga pas penggantian kalo dilakukan dirumah katanya.. semoga bermanfaat :).

 

baca juga :

 

 

Iklan

Posted on 7 Juni 2014, in Info Roda Dua, Tips Motor & Berkendara and tagged , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Padahal saya coba pun kemiringan standar nya juga normal aja kok. Kalo nggak pengen standar sampingnya miring ya taruh di tengah jadi standar tengah…. xixixixi

  2. Patut diacungi jempol

  3. Contoh recall yg bisa dicontoh yg lain, ngga usah malu2 demi keamanan
    http://cahyadip.wordpress.com/2014/06/08/4th-anniversary-asosiasi-honda-phantom-indonesia/

  4. yang berani recall terang2an Honda,,,,kalo yang ini emang dari jamannya MX suka diam dian alias silent….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: