Iklan

Beli Motor Bekas?, Banyak Manfaatnya Masbro!

8

Motor MDblog dari tahun 2006-2009

Kawan, siapa sih yang ndak pingin punya barang baru?, terlebih motor baru.. MDblog juga pingin apalagi kalo gratis hehe. Kali ini tema yang MDblog tulis yakni tentang manfaat atau kelebihan “memelihara” mokas (motor bekas) daripada motor baru (disingkat apa yah?, mobar aja deh :p), jangan salah kawan.. memelihara motor bekas juga banyak manfaatnya loh!, ndak hanya kerugian semata.. wong kadang motor baru juga ada kerugiannya kok, tul ga?.

Artikel ini berasal dari pengalaman MDblog yang dipercaya sama Bapak MDblog ketika SMP (Iya!, SMP kelas 1 udah punya SIM dan bawa motor. Belajarnya sejak SD.. wkwkwkwk – jangan ditiru yah, traffic jaman dahulu ndak sepadat sekarang), Alasannya karena MDblog diberikan jabatan tambahan didalam keluarga sebagai “Supir Pribadi” :cool:, ketika pagi MDblog harus mengantar Ibu MDblog ngajar dan Adek MDblog sekolah.. TK dan SD dan pulangnya njemput juga. Jadi adik yang SD duduk di depan, yang TK dipangku Ibuk di belakang.. pakai motor Astrea Star ’86 seperti foto diatas (tapi udah pretelan dan speedo ndak jalan). Nah, motor ini sendiri lungsuran dari Mbah MDblog ke Bapak MDblog dan kemudian dipakai MDblog sendiri, berikut kelebihan memakai motor yang ndak dari baru berdasarkan pengalaman MDblog:

1. Pengetahuan tentang motor akan bertambah.

Kok bisa?, karna motor udah tuwir (dari tahun 86 masbrooo) part katagori fast moving udah waktunya diganti, seperti kampas rem, gearset, jok, ban, velg, knalpot, dll. bahkan yang ndak fast moving part juga pernah seperti per engkol stater. Nah, selama proses penggantian ini MDblog yang ngurus ke bengkel temennya Bapak, melihat proses penggantian dan selalu tanya (disela-sela obrolan) tentang barang yang “asing” bagi MDblog..  baik motor sendiri atau motor yang sedang digarap ama mekaniknya. Hasilnya meski masih SMP, pengetahuan tentang motor udah ndak nol putul masbro :). Kalo motor baru? paling cuman ganti oli doang dan itupun konsumen ndak bisa liat langsung.

 

2. Trouble?, bisa mengatasi sendiri.

Motor tuwir ndak jauh dari yang namanya mogok masbro..  tapi alhamdulillah motor MDblog ndak pernah mogok selama MDblog pakai.. namun kemudahan dalam “otak-atik” beberapa bagian seperti ganti busi, stel dan membersihkan karburator, stel rantai, sering MDblog lakuin.. Alasannya agar kondisi motor selalu prima dan ndak kalah larinya dengan motor-motor keluaran terbaru. Beda dengan motor sekarang yang injeksi dan bodynya ketutup rapet, contohnya di HSX125, mau ganti busi aja jurus rogoh-rogohnya musti dikeluarin dulu -.-“. Nah kalau mogok kelas berat, karena sering “main” kebengkel, MDblog bisa menganalisa dan mencari sumber mogoknya (paling sering sih dulu busi, cara tesnya kabel coil di lepas dari cop dan didekatkan ke ground kemudian di stater. Jika ada apinya berarti pengapian aman..

 

3. Jadi Trademark.

Pernah punya temen dengan ciri khas yang sangat membedain dengan orang lain?, yups.. sepeda yang MDblog pakai tergolong langka di Kota Gresik, jadi ketika MDblog riding temen-temen MDblog gampang ngenalinnya. Beda dari yang lain masbro :). Nah kalo naik beat? mana bisaaa :p

 

4. Belajar Merawat Barang 

Punya motor ketika SMP itu ndak mudah masbro.. kadang ketika trouble ato bensin habis terpaksa ngeluarin uang tabungan sendiri yang ndak sedikit (pernah swap blok komplit dan ganti kampas kopling habisnya lumayan masbro -.-). Nah, motor bekas ini kan perawatannya musti ekstra juga. jadi kalo asal pakai dan ndak dirawat.. maka moto akan cepet samapi pada “umur” nya.

 

5. Harga dan Pajak tahunan yang murah.

Hal mendasar dari pemilihan mokas adalah harga. Dengan harga yang murah dan tahun lawas pastinya pajak tahunannya juga murah (Pajak mootor setelah ganti Plat biasanya ada penyesuaian pajak yang cenderung turun). Astrea Star MDblog aja dulu cuman Rp 60.000 an masbro, bisa bayar sendiri dan uang yang diberi sama Bapak ditabung.

 

Nah, itu tadi kelebihan mokas dibanding motor baru.. barangkali bro-bro sekalian ada yang mau menambahkan akan MDblog kumpulin dan masukin ke artikel lanjutan. Semoga bermanfaat :).

 

Baca juga :

Iklan

Posted on 9 Mei 2014, in Info Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. smp belom punya sim gan 😀

  2. Tinggal dipoles buat harian konpreainya dinaikkan ke pertamax…wuss wusss he he
    http://cahyadip.wordpress.com/2014/05/09/tips-isi-bbm-agar-kantong-tidak-bolong/

  3. setuja… selalu ada hikmahnya. nambah ilmu… joz.
    Jg ladang ibadah … syukuri apa yg ada.
    Sambil berusaha & berdoa bs beli yg baru….

  4. Kalo dijual lagi biasanya juga tidak terlalu anjlok, beda sama yang baru pasti lebih banyak anjloknya 🙂

    http://4g92mivec.wordpress.com/2014/05/09/5-varian-datsun-go-panca/

  5. Tahun lalu saat aku masih miara tiger jadul jg gitu, suka bongkar pasang sendiri, jadi tahu seluk beluk motor..sekarang ada motor baru malah gak berani otak atik, takut rusak, hehe
    http://motomatic.wordpress.com/2014/05/09/pembalap-asia-lebih-santun-dari-pembalap-eropa/

  6. Yg pasti ga usah reyen bro… langsung gas pol ga takut mesin ambrol, hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: