Iklan

Daily Archives: 9 Mei 2014

Beli Motor Bekas?, Banyak Manfaatnya Masbro!

8

Motor MDblog dari tahun 2006-2009

Kawan, siapa sih yang ndak pingin punya barang baru?, terlebih motor baru.. MDblog juga pingin apalagi kalo gratis hehe. Kali ini tema yang MDblog tulis yakni tentang manfaat atau kelebihan “memelihara” mokas (motor bekas) daripada motor baru (disingkat apa yah?, mobar aja deh :p), jangan salah kawan.. memelihara motor bekas juga banyak manfaatnya loh!, ndak hanya kerugian semata.. wong kadang motor baru juga ada kerugiannya kok, tul ga?.

Artikel ini berasal dari pengalaman MDblog yang dipercaya sama Bapak MDblog ketika SMP (Iya!, SMP kelas 1 udah punya SIM dan bawa motor. Belajarnya sejak SD.. wkwkwkwk – jangan ditiru yah, traffic jaman dahulu ndak sepadat sekarang), Alasannya karena MDblog diberikan jabatan tambahan didalam keluarga sebagai “Supir Pribadi” :cool:, ketika pagi MDblog harus mengantar Ibu MDblog ngajar dan Adek MDblog sekolah.. TK dan SD dan pulangnya njemput juga. Jadi adik yang SD duduk di depan, yang TK dipangku Ibuk di belakang.. pakai motor Astrea Star ’86 seperti foto diatas (tapi udah pretelan dan speedo ndak jalan). Nah, motor ini sendiri lungsuran dari Mbah MDblog ke Bapak MDblog dan kemudian dipakai MDblog sendiri, berikut kelebihan memakai motor yang ndak dari baru berdasarkan pengalaman MDblog:

1. Pengetahuan tentang motor akan bertambah.

Kok bisa?, karna motor udah tuwir (dari tahun 86 masbrooo) part katagori fast moving udah waktunya diganti, seperti kampas rem, gearset, jok, ban, velg, knalpot, dll. bahkan yang ndak fast moving part juga pernah seperti per engkol stater. Nah, selama proses penggantian ini MDblog yang ngurus ke bengkel temennya Bapak, melihat proses penggantian dan selalu tanya (disela-sela obrolan) tentang barang yang “asing” bagi MDblog..  baik motor sendiri atau motor yang sedang digarap ama mekaniknya. Hasilnya meski masih SMP, pengetahuan tentang motor udah ndak nol putul masbro :). Kalo motor baru? paling cuman ganti oli doang dan itupun konsumen ndak bisa liat langsung.

 

2. Trouble?, bisa mengatasi sendiri.

Motor tuwir ndak jauh dari yang namanya mogok masbro..  tapi alhamdulillah motor MDblog ndak pernah mogok selama MDblog pakai.. namun kemudahan dalam “otak-atik” beberapa bagian seperti ganti busi, stel dan membersihkan karburator, stel rantai, sering MDblog lakuin.. Alasannya agar kondisi motor selalu prima dan ndak kalah larinya dengan motor-motor keluaran terbaru. Beda dengan motor sekarang yang injeksi dan bodynya ketutup rapet, contohnya di HSX125, mau ganti busi aja jurus rogoh-rogohnya musti dikeluarin dulu -.-“. Nah kalau mogok kelas berat, karena sering “main” kebengkel, MDblog bisa menganalisa dan mencari sumber mogoknya (paling sering sih dulu busi, cara tesnya kabel coil di lepas dari cop dan didekatkan ke ground kemudian di stater. Jika ada apinya berarti pengapian aman..

 

3. Jadi Trademark.

Pernah punya temen dengan ciri khas yang sangat membedain dengan orang lain?, yups.. sepeda yang MDblog pakai tergolong langka di Kota Gresik, jadi ketika MDblog riding temen-temen MDblog gampang ngenalinnya. Beda dari yang lain masbro :). Nah kalo naik beat? mana bisaaa :p

 

4. Belajar Merawat Barang 

Punya motor ketika SMP itu ndak mudah masbro.. kadang ketika trouble ato bensin habis terpaksa ngeluarin uang tabungan sendiri yang ndak sedikit (pernah swap blok komplit dan ganti kampas kopling habisnya lumayan masbro -.-). Nah, motor bekas ini kan perawatannya musti ekstra juga. jadi kalo asal pakai dan ndak dirawat.. maka moto akan cepet samapi pada “umur” nya.

 

5. Harga dan Pajak tahunan yang murah.

Hal mendasar dari pemilihan mokas adalah harga. Dengan harga yang murah dan tahun lawas pastinya pajak tahunannya juga murah (Pajak mootor setelah ganti Plat biasanya ada penyesuaian pajak yang cenderung turun). Astrea Star MDblog aja dulu cuman Rp 60.000 an masbro, bisa bayar sendiri dan uang yang diberi sama Bapak ditabung.

 

Nah, itu tadi kelebihan mokas dibanding motor baru.. barangkali bro-bro sekalian ada yang mau menambahkan akan MDblog kumpulin dan masukin ke artikel lanjutan. Semoga bermanfaat :).

 

Baca juga :

Iklan

Iring-iringan R25 Ketangkep Kamera, Mau Kemana?

wpid-img-20140508-wa0018

Kawan, ketika asik blog walkibg MDblog mendapat informasi dari blog Mbah macantua.com tentang Spyshot Yamaha R25 dari kawannya di daerah  jalan raya wanayasa-purwakarta. Nah, berikut penuturannya :

assalamualaikum, met sore masbro, mo sedikit berbagi nih, tadi dapet spy shot produk baru yang lagi rame dari yamaha, R25, dapet di jalan raya wanayasa-purwakarta sekitar jam 16.00, udah sering liat sih cuman baru kali ini berhasil ane abadikan, suwer dah, hehe oh ya ane ga berhasil ngambil gambar bagian depan’y, namun yang pasti penampakan depan’y plek ama spy shot di blog bro ipanese pertamax7″.

Mungkin iring-iringan ini sedang test kelayakan sebelum dilempar ke konsumen, kelihatannya sebentar lagi nih masbro.. berikut gambar lengkapnya :

wpid-img-20140508-wa00201

wpid-img-20140508-wa00191

wpid-img-20140508-wa00151

Sedikit info kaki-kaki yang dapat dikorek :

Ban depan 110 ban belakang 140, eentah profil dindingnya berapa dan diprediksi menggunakan merk IRC, apakah RX01?, Last, yamaha bener-bener Mantap masbro…!!!, gempuran beritanya tiada akhir dan konsumen pun semakin mudah mendapat informasi. Jadi, siapkan DP mu!.

 

baca juga :

 

Press Release: Pelatihan Yamaha Engineering School (YES) Angkatan Ke-7 Akan Dibuka Masbro..!!!

img_0052

 

Surabaya – Yamaha Engineering School (YES) merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Surya Timur Sakti Jatim-Surabaya selaku ditributor utama sepeda motor merek Yamaha di Jawa timur yang dituangkan dengan konsep pemberian pelatihan mekanik sepeda motor secara gratis kepada para lulusan SMK otomotif yang tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Pelatihan YES dilakukan selama 4,5 bulan (1 bulan teori, 2 bulan praktek, 1,5 bulan magang), sedangkan untuk fasilitas yang didapat pada pelatihan YES ini adalah biaya pendidikan, seragam, buku pelajaran dan sertifikat (jika lulus) yang diberikan secara GRATIS.

dscn2518

Yamaha Engineering school (YES) Student in Action

Bagi calon siswa Yamaha Engineering School sebelum bisa mengikuti pelatihan harus melewati test tulis yang sudah disediakan, dimana untuk jenis test seleksi masuknya meliputi Test Motor Bakar, Tes psikologi, Tes Warna, Tes Wawancara, yang pada akhirnya dari semua calon/pendaftar yang mengikuti test tersebut hanya 30 siswa saja yang bisa mengikuti pelatihan.

Adapun untuk waktu dan tempat pendaftaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke tempat yang tertera di bawah ini :

Tanggal     Pendaftaran        : 09 s/d 18 Juni 2014

Hari                  : Senin – Jum’at ( 09:00 s/d 15:00 )

 

=> Sentral Yamaha Surabaya (Lancar Motor)

Jl. Kenjeran 366 – Surabaya (Telp. 031-3892786)

=> Blimbing Motor (Malang)

Jl. A. Yani No. 20 A-B Malang (Telp. 0341-490088)

=> PT. Mitra Motor (Lombok)

Jl. Sandubaya No. 5-8 Sweta Cakranegara – Lombok

(Telp. 0370-672981)

=> RSSR Jember

Jl. Gajah Mada No. 296 Jember (Telp. 0331-48844)

Yamaha Engineering School ini didukung sepenuhnya oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT. YIMM) – Jakarta, selaku Head Office Yamaha di Indonesia.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat Kawan,

 

POSTER A3

Poster – Klik Untuk memperbesar

Baca juga :