Iklan

Cara Merawat Knalpot Agar Jauh Dari Keropos dan Karat

image

Stainless steel muffler

Kawan, knalpot merupakan salah satu komponen penting yang ada di motor kita, namun ancaman knalpot berkarat atau keropos sering menghantui, Akibatnya penampilan knalpot menjadi kusam atau malah jebol di silencernya yang berakibat suara yang keluar menjadi cempreng.

Berikut beberapa tips untuk menghindari hal-hal diatas:
1. Berikan oli kedalam lubang knalpot.
Memberikan oli kedalam lubang knalpot pada kondisi panas akan menguapkan oli yang masuk dan menempel pada dinding dalam silenser. Menjadikan dinding dalam silenser basah dan karat enggan muncul karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Berikan secukupnya saja, sekitar 50ml. Oiya, selain itu glaswool tidak akan mudah kering.

2. Pastikan drainase tidak buntu.
Knalpot memiliki lubang drainase untuk membuang air yang masuk kedalam silenser agar tidak tergenang. Umumnya terletak di bagian bawah ujung silenser yang dekat dengan pipa leher knalpot, seperti pada gambar dibawah ini

image

Lubang drainase

Cara mengeceknya cukup masukkan lidi, jika tidak ada yang menghalangi tandanya tidak ada kebuntuan.

3. Siram air setelah kena hujan
Musim hujan merupakan lingkungan yang subur bagi karat untuk tumbuh, apalagi jika berada di daerah pantai. Udara/air hujan yang mengandung karat dan bersentuhan langsung dengan logam tanpa pelapis seperti cat atau krom akan dengan sangat amat cepat membuat karat tumbuh. Guyur knalpot dengan air bersih agar karat tidak tumbuh ketika habis terkena hujan. Paling sering pada bagian pipa leher knalpot, karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot merupakan daerah yang sering berubah suhunya secara ekstrim karena posisinya yang paling dekat dengan ruang bakar.

Semoga tips dari MDblog diatas bisa bermanfaat bagi Kawan-Kawan pembaca.

Jangan puas dan selalu haus akan informasi masbro!.

Baca juga :

Iklan

Posted on 2 Mei 2014, in Do It Your Self (DIY), Info Roda Empat and tagged , , , . Bookmark the permalink. 37 Komentar.

  1. Kalo cara merawat leher knalpot standar supaya gak kuning gmn ya mas ??
    Btw, Nais inpoh kangmass. . . 😀

    • kalo pipa leher biasanya pasti kalah mas.. cuman ada yang bilang di lumuri oli, terus dipanasin ntar kuningnya ilang.

      kalo saran ane, diamplas trus dipilox yang tahan panas. 20rb an kok

      • Spacy-ku dirawat terus sampe 2,5 tahun akhirnya kalah juga leher knalpotnya mass *curhat
        Waoww oke juga tuh, yg bagus merk apa ya mass ? RJ London bagus gak ??

      • wkwk, mantap tuh 2.5 Tahun baru
        nguning!, punya Ibu MDblog blm
        setengah tahun udah nguning..
        Beat FI. wkwk…
        diamplas alus pake grit 2000an
        atau 1000, terus dipilox udah
        ganteng lagi mas Eno.
        kemaren ngecat knalpot Pulsar
        pake Aerolux punya Nippon Paint
        (sama kaya Pylox), RJ juga bagus
        kok. yang 200ml harganya 21rb
        tahan sampe 600°c. bisa belasan
        kali pakai kuwi Mas Eno…

  2. bermanfaat sekali tipsnya mas dab…siipp…saya praktekin di kyubi saya ah.. 🙂

  3. wkwk, mantap tuh 2.5 Tahun baru nguning!, punya Ibu MDblog blm setengah tahun udah nguning.. Beat FI. wkwk…

    diamplas alus pake grit 2000an atau 1000, terus dipilox udah ganteng lagi mas Eno.

    kemaren ngecat knalpot Pulsar pake Aerolux punya Nippon Paint (sama kaya Pylox), RJ juga bagus kok. yang 200ml harganya 21rb tahan sampe 600°c. bisa belasan kali pakai kuwi Mas Eno…

  4. material knalpot sekarang kurang bagus, coba saja bandingkan dengan knalpot megapro keluaran pertama, knalpotnya chrom

  5. nanti knalpotnya ngebul dong 😮

    —————————————
    Test Ride Honda NMP Fi
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/02/sensasi-berkendara-honda-new-megapro-fi/

  6. Kalo leher knalpot udah terlanjur karat parah gimana kang caranya? Karatnya udah yang karat njendol njendol itu :mrgreen:

    http://fachruldeanca.wordpress.com/2014/04/29/spyshoot-produk-hasil-kerjasama-yamaha-honda/

  7. oli nya merk apa y mas? merk murahyamalube gear 9ribuan bisa?

  8. wah manteb tenan ki tips dan caranya joss
    thanks you tenan mas..
    http://motorbaru.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: