Daily Archives: 4 Februari 2014

RPM Yamaha Vixion Naik Turun?, Cek Kiproknya

Kawan, kali ini salah satu sahabat MDblog yang menjadi objek tulisan, lebih tepatnya motornya doi. Awalnya doi mengeluh tentang Yamaha Vixionnya yang lansiran 2010 itu ketika dipakai pada malam hari selalu mbrebet disertai rpm yang naik turun dan lampu serta sein yang meredup galau seperti perasaan hati ridernya.*Eh. Oiya kawan, motor sahabat MDblog (sebut saja namanya Bunga Roby, 22thn) ini sebelumnya habis ngandang cukup lama, sekitar 2bulan. Wah lama bener ya.. kucing aja bisa beranak tuh *eh.

IMG_20140105_111134

Kemudian Roby bertanya pada MDblog tentang keganjilan sang kuda besinya, melihat kondisi motornya yang terawat, (karna MDblog sering diajak buka bengkel dadakan ama empunya motor, jadi tau luar dalamnya) vonis pun ditujukan pada si aki atau si kiprok, nah lo! Kenapa pakai atau?.

Untuk memastikannya MDblog memberitahu Roby untuk menstater sang kuda besi dengan posisi klakson, sein, lampu rem, lampu utama dan lampu jauh menyala. Ckek.. Jreng….*ceritanya suara motor nyala. Dengan entengnya pun mesin menyala. “Akine aman Rob!” kata MDblog disertai senyum simpul Roby karna ga jadi ganti aki baru, wkwk. Kemudian tes kiprok, MDblog mengutus Roby untuk beli multimeter, karna punya MDblog ada di Surabaya, namun untuk usaha pengiritan akhirnya MDblog pun usul untuk dilakukan pengecekan di Shop n Drive Gresik, berangkatlah kita berdua kesana. Hasilnya bisa ditebak, output aki under 12v yang abnormal, terutama bagi motor berinjeksi.

IMG_20140105_104044

Ketika akan memberikan ongkos untuk mas mekaniknya, eh disuru bawa aja.. dipaksa paksa pun tetap keukeuh ga mau nerima, hehe.. thx Mas!. Ini ni foto Shop n Drivenya, mantap!.

IMG_20140105_104024

IMG_20140105_100807

Perjalanan pun dilanjut ke dealer Yamaha Jl. Panglima Sudirman, namun barangnya kosong, akhirnya pindah ke beres Kebomas dan ada!, bungkus deh… mau sekalian pasang eh kok rame banget. Akhirnya MDblog ajak Roby untuk pasang DIY aja, wong gampang kok.

IMG_20140105_110848

Harga kiprok, IDR 250.000. (di e-catalog harganya IDR 251.000 kawan).

Nyampe rumah MDblog dan Roby langsung mretelin si Vixion, mulai dari melepas Plenger belakang dan kemudian kempol kiri. setelah itu copot kiprok yang lama dan pasang yang baru :), kemudian balikin lagi deh kempol ama plengernya, selesai :). Kini sang Vixion bisa mengaum tanpa batuk lagi.. Semoga bermanfaat kawan :D.

IMG_20140105_111819

IMG_20140105_111455