Iklan

DIY : Membersihkan Filter CVT Yamaha MIO J

Salam Kawan MDblog :), 

Akhirnya ada Passion lagi buat nulis di blog ini, setelah vacum kurang lebih 2 bulan setelah tulisan terakhir sebuah review kuliner di sini. Jadi kali ini mau nulis tentang DIY : Membersihkan Filter CVT dan Filter Udara Yamaha MIO J. 

MIO J milik adik lansiran 2012 (kalo g salah inget :p ) seri black edition ini KM nya udah 13.000an, karena jarak rumah kesekolah yang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15km PP sehingga odometer ngirit. Namun ketika MDblog pakai ada rasa nggeter ketika tarikan awal / ketika gas mulai di plintir, tidak terlalu nemen sih getarannya dan frekuensinya pun jarang, apakah part CVT nya ada yang trouble?, oh iya, untuk kawan tahu saja, tiap hari bobot yang di tanggung di pundak si MIO J ini lebih dari 100kg, mungkin sekitar 140kg an 😀 secara adik MDblog yang ketiga ini Overweight :p.

Setelah googling sana-sini, baca-baca pengalaman orang lain yang memiliki keluhan sama dapat disimpulkan bahwa sumber penyakitnya kemungkinan adalah roller yang peang atau CVT kotor dan waktunya dibersihkan. apakah tiap servis g pernah dibersihkan mekaniknya ya karena umumnya para mekanik menganggap motor baru jadi filter tidak perlu dulu untuk dibersihkan. Kalau ternyata roller, wah mbongkar banyak nih kalo mau merbaiki sendiri, namun karena gejala getar tidak terlalu parah, skip dulu deh :p, dan MDblog putusin untuk membersihkan filter si MIO J ini aja.

Berbekal bacaan dari artikel Mas AriPitstop di sini, MDblog mulai DIY ini di minggu pagi yang mendung :). langkah-langkahnya kurang lebih sbb;

1. Persiapkan kunci ring untuk membuka baut cover filter, kuas untuk membersihkan, semangkuk bensin dan oli.

2. Buka baut filter yang terletak di sisi kiri motor, dibawah footstep boncenger.

IMG_20131229_081816

3. Setelah terbuka, ambil filter busanya kemudian kentrok-kentrokin deh (berdebu banget), lanjut dengan rendam di bensin dan peras. keringkan. taburi garam dan merica secukupnya lalu siap dihidangkan (Ngaco ding :D), yang bener kasih sedikit oli di sisi luar filter.

IMG_20131229_080614  IMG_20131229_080606

4. Bersihkan box filter, rangkai busa filter ke tempatnya dan baut seperti sedia kala.

IMG_20131229_080246  IMG_20131229_080736  IMG_20131229_080233

5. Selesai :).

Ya mungkin cara diatas bukan menyelesaikan masalah tanpa masalah (kaya pegadaian aja :p), namun paling tidak bisa memaintain kebersiha ruang CVT hingga penggantian CVT Belt di KM 20.000 nanti :).

 

 

Iklan

Posted on 2 Februari 2014, in Do It Your Self (DIY) and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: