Iklan

My Very First Summit : MT. Penanggungan – Part 2

Di Part 1 Kemarin, MDblog yang baru join ke ekskul pecinta alam di SMA memutuskan untuk melakukan pendakian pertama ke Gn. Penanggungan (1605 mdpl) yang terletak di Trawas, Mojokerto. MDblog melakukan persiapan manajemen perjalanan dan mencari rekan seperjalanan, seperti apa kira-kira?, Let’s Check it out!.

A. Manajemen Perjalanan

1. Time Schedule (nek mbien nyebute Juklak).

Merencanakan perjalanan tanpa ada persiapan penjadwalan perjalanan merupakan salah satu ide yang buruk!, opo maneh totoane nyowo rek!. Jadi untuk jadwal perjalanan MDblog banyak bertanya ke banyak senior yang sudah sering pergi ke sana, selain itu mencari FR (Field Report) dari pendaki lain di Internet kemudian di sinkronkan untuk mencari rata-ratanya dengan mempertimbangkan kondisi MDblog saat itu (Credits to Mr. Surkun), tidak lupa gali sebanyak mungkin informasi mengenai medan atau trayek yang akan di tempuh, dengan begitu persiapan fisik dapat digembleng terlebih dahulu. Oke, wes entuk jadwale!. Oh ya, untuk “finishing”, jadwal yang sudah jadi MDblog asistensiin ke Paketu dan di amini :).

2. Manajemen Logistik

Untuk urusan yang satu ini, tidak bisa asal membawa logistik lho. Kuantitas dan kualitasnya di tentukan dengan melihat tujuan kita. Contohnya, Gn. Penanggungan memiliki medan yg terjal ket nisor sampek ndhuwur dikombinasikan dengan tidak adanya mata air yang membasahi bumi (halah :p), maka dapat diputuskan untuk membawa logistik sesedikit mungkin untuk mengurangi beban secara kuantitas, namun memperhatikan kualitas logistik yg dibawa, yakni yang memiliki kandungan kalori tinggi dan mudah pengolahannya seperti coklat atau gula merah :D. Kemudian karena tidak ada mata air untuk sumber pembasah tenggorokan, maka air yang harus dibawa harus benar2 diperhitungkan. Contoh lagi nih ya.. misalnya diatas kita akan memasak 3x, yang masing-masing membutuhkan air 500ml misalnya maka kita harus membawa air sebanyak 1.5L, tidak kurang lebih dikit gapapa :D, dan itu diluar jatah air selama perjalanan. Untuk jatah selama perjalanan, siapkan beberapa titik pemberhentian di sepanjang rute (misalnya 3), kemudian cermati masing2 medan dari rute tersebut, jika rute dirasa berat maka jatah air bisa dianggarkan 30-40% dari jatah minum di perjalanan, untuk medan yang ringan bisa 10% dan sedang 20-30%. jangan lupa, cuaca juga mempengaruhi level dehidrasi kita.

Dengan tips diatas persiapan logistik sudah dianggap mantap! 😀 (*kebutuhan kalori selama pendakian sesuai umur bisa di cari di google atau merujuk ke buku “Mendaki Gunung” karya Augustin Henry). Katagori lain yang termasuk logistik selain konsumsi yang harus dipertimbangkan juga ada, seperti pakaian, perlengkapan mountaineering, alat elektronik yang dibawa, dll, tak lupa buat checklist item apa aja yang kawan bawa sehingga tidak ada yang tertinggal :).

3. manajemen Transportasi

MDblog dulu lebih memilih naik motor daripada naik angkutan umum, lebih ke idealis pribadi sih.. simple dan murah, apalagi dasarnya emang suka touring jadi ya pacul waeee…!!!.

Nah itu tadi yang disiapkan MDblog untuk pendakian, MDblog juga mencari kawan yang ingin muncak ke Penanggungan, dan Tuhan mengirim 5 orang Guardian Angels-Nya. Randa Tio Alexy & Alfon Priambodo (dari kelas X-6), Firman Dwi Anugrah (X-7, sekelas ama MDblog neeh :D) dan 2 orang lagi senior kelas XI, Mas Surkun dan Ijoelz. Bersama merekalah puncak pertama di tanah jawa ini kita rengkuh bersama :), Thx guys.. alot.

Ini kenang-kenangan ketika akan turun dari Puncak, sayang foto lengkapnya hilang bersama HDD PC yg rusak T_T, padahal banyak Foto-foto mbolang lain seperti perjalanan ke Arjuno-Welirang, Alap-alap, Safari Camp, Penanggungan lagi, lagi dan lagi, Hollywood, Dll.

Gambar

Coba tebak MDblog yang mana.. :D.

Di part-3 (end) akan MDblog tulis tentang serunya selama perjalanan menuju puncak, *koyok AFI ae.

sekian.

Iklan

Posted on 30 Oktober 2013, in Throttling & Backpacking and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: